Praha 3 – “Ghost city Tour”

Pada hari jumat malam tepat pukul 10 kami berkumpul di depan kantor agen penyedia jasa ‘Ghost City Tour’. Ada yang unik dalam tour ini karena pemandu wisatanya mengenakan kostum horor. Peserta tur dalam grup kami terdiri sekitar belasan orang, termasuk kami berdua. Pada awalnya saya ketakutan untuk diajak ikutan tur ini. Karena bayangan saya, kami akan di ajak masuk ke tempat-tempat angker tersebut. Namun ternyata, terutama bagi anda penggemar kehororan,  tur ini tidak seberapa menyeramkan. Kami para peserta tur diarak keliling kota melalui jalan-jalan sempit nan gelap sambil berjalan kaki dan didongengin cerita-cerita horor terkait tempat yang kami lewati.

Berikut adalah beberapa cerita horor yang disampaikan oleh pemandu horor kami:

1. Hantu algojo pemenggal kepala

Konon pada jaman pertengahan, hiduplah seorang algojo atau tukang jagal pemenggal kepala yang tugasnya mengeksekusi mati para narapidana. Algojo ini selalu menutup kepalanya dengan kain setiap melakukan aksi. Saking menghayati pekerjaan nya, Algojo ini tetap memakai kain merah penutup kepala tersebut kemanapun ia pergi. Ada suatu bar lokal favorit langganan algojo ini yang selalu didatanginya untuk sekedar minum bir ataupun menghabiskan waktu. Hingga saat ini, arwah algojo bertudung kain merah ini dipercaya tetap berkeliaran di jalanan kota Praha dan mengunjungi bar favoritnya yang masih buka hingga sekarang.

2. Hantu kekasih yang dikhianati

Alkisah ada seorang putri pengusaha kaya yang cantik jelita pada abad pertengahan kota Praha. Dikarenakan Praha pada waktu adalah pusat perdagangan Eropa maka berbagai saudagar dari seluruh penjuru Eropa, Asia, Timur Tengah dan Afrika berkunjung ke kota ini untuk saling bertransaksi dagang. Datanglah seorang pemuda pedagang berkuda gagah dari Turky yang juga ingin bertransaksi di kota ini. Secara tak sengaja bertemulah kedua remaja ini. Si cantik, mata biru, rambut pirang jatuh cinta dengan si tampan mata hitam tajam, rambut gelap. Namun pada suatu musim panas, pemuda ini pun harus pulang ke negeri asalnya. Dia pun berjanji pada sang gadis pujaan hatinya untuk kembali lagi ke Praha dan melamarnya.

Namun hari bulan berganti bulan, musim berganti musim. Tiga musim dingin telah terlewati tanpa kabar tanpa tanda-tanda kedatangan sang pria Turky. Gadis ini pun muram durja dan patah hati. Hingga pada suatu musim semi, datanglah seorang pemuda pedagang dari Jerman, gagah bermata biru ingin bertransaksi di kota Praha. Bertemulah kedua remaja ini. Secara sekejap, terhapuslah luka hati sang gadis pada sang pria Turky dan jatuh cinta dengan sang pemuda Jerman. Pasangan yang saling jatuh cinta dan berbahagia ini pun memutuskan untuk melakukan pernikahan.

Pada hari pernikahan, ketika semua telah disiapkan. Sang gadis pun telah mengenakan busana pernikahan nan cantik. Tanpa di duga-duga, datanglah seorang pemuda berkuda dari Turky yang shock melihat kekasihnya akan menikah dengan pria lain. Dengan amarah yang meledak dikejarlah sang pengantin perempuan sembari berkuda. Dan dalam sekali tebas, terpenggalah kepala cantik sang pengantin perempuan tersebut. Gadis cantik itu meninggal di tangan kekasih nya yang cemburu dan membabi buta.

Hingga saat ini penduduk Praha masih mempercayai bahwa sang gadis masih berkeliaran menangis dengan gaun pengantin nya dan menghantui kota tua.

3. Hantu Spanyol

Perjalanan kami berhenti di sebuah rumah. Sang pemandu wisata horor kami bercerita bahwa pada suatu malam, sama seperti malam di mana kami sedang berdiri. Datanglah 2 pemuda pedagang dari Spanyol yang ingin bertransaksi dagang. Namun karena hari telah malam, pemuda ini kehabisan waktu untuk menemukan tempat menginap. Tidak kehabisan akal, pemuda ini mengetok pintu rumah-rumah di Praha untuk meminta ijin menginap barang satu malam. Namun bukan nya sambutan baik yang mereka terima. Rumah-rumah tersebut tidak bersedia memberikan tumpangan karena ketakutan apabila mereka adalah orang jahat yang akan merampok rumah mereka.

Hingga tibalah dua pemuda Spanyol ini di rumah seorang saudagar kaya Praha. Rumah yang sama yang berdiri tepat di depan rombongan tur kami berhenti. Pemuda Spanyol ini menceritakan kesulitan nya dan memperlihatkan sekantung emas kepada saudagar pemilik rumah tersebut sebagai pembayaran menginap semalam di rumahnya. Sang saudagar pun menyetujui dan mempersilakan para pemuda Spanyol tersebut untuk menginap di rumahnya.

Pada tengah malam, Sang saudagar pemilik rumah ini pun gelisah memikirkan si kantong emas. Ia menduga bahwa para pemuda Spanyol tersebut membawa lebih dari sekantong kecil emas. Karena dibutakan oleh kerakusan dan kekikiran nya, saudagar ini pun memutuskan untuk membunuh dua pemuda Spanyol tersebut dan merampas hartanya. Dalam sekali tusuk dengan pedang pada masing-masing pemuda Spanyol, sang saudagar pun berhasil mencapai keinginannya. Untuk menghilangkan jejak, Saudagar pemilik rumah ini mengubur dua mayat pemuda Spanyol di ruangan bawah tanah di rumahnya. Serta menyembunyikan gundukan emas di tempat yang aman. Pembunuhan ini tak pernah tercium oleh otoritas lokal. Berhubung pemuda Spanyol datang dari jauh dan tidak ada yang mengenal maupun merasa kehilangan. Maka pembunuhan ini tertutupi dengan rapi sampai saudagar itu pun meninggal.

Namun, ternyata hantu pemuda Spanyol tersebut tidak tinggal diam. Mereka berkeliaran dan menghantui penduduk setempat. Hingga pada beberapa puluh tahun kemudian, seorang penjual roti membeli rumah tua bekas milik saudagar kikir. Dia pun dihantui terus menerus oleh para hantu Spanyol. Bukan hanya itu, para hantu Spanyol juga menghantui para konsumen nya hingga tunggang langgang. Karena kesal, sang penjual roti pun menantang para hantu tersebut dan bertanya, apa mau mereka, karena sang penjual toko datang dengan damai dengan hanya bertujuan untuk berdagang. Kemudian sang hantu pun meminta kepada sang penjual roti untuk memakamkan jasad para pemuda tersebut di pemakaman yang layak dengan upacara Kristiani, maka setelah itu sang hantu berjanji untuk tidak akan pernah datang lagi dan juga akan membalas kebaikan sang penjual roti pada suatu hari nanti.

Upacara pemakaman pun dilakukan dengan layak lengkap dengan cara Kristian seperti yang diminta para hantu Spanyol. Pasca pemakaman tersebut sang hantu tak lagu menghantui pedagang roti. Toko roti miliknya pun semakin ramai dikunjungi pelanggan. Saking laris nya usahanya, ia pun ingin memperlebar tokonya. Ketika ia menggali untuk mebuat pondasi baru bagi bangunan nya, ia pun menemukan harta karun emas milik hantu Spanyol tersebut. Tuntas sudah hutang budi para hantu Spanyol pada pedagang roti itu.

4. Hantu Sinagog Yahudi

 Adalah sebuah sinagog tua Yahudi yang dibangun berdekatan dengan makam Yahudi. Keduanya sama-sama seram. Di makam yahudi tersebut telah ditanam beribu-ribu mayat Yahudi. Bahkan satu liang makam pernah digunakan untuk minimal 10 kali penguburan mayat. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya cukup lahan pemakaman dari otoritas kota untuk para warga Yahudi.

Sedangkan sinagog yahudi dibangun dengan semen yang telah dicampur dengan abu jenazah seorang tokoh Yahudi. Hal ini dikarenakan kepercayaan setempat agar hantu tokoh tersebut melindungi Sinagog. Hingga saat ini, Sinagog tua tersebut masih kokoh berdiri dan masih digunakan untuk bersembahyang oleh para warga Yahudi setempat.

5. Hantu Pastor dan Pelacur

Kami berhenti di sebuah jalan sepi nan gelap. Di sebelah kiri kami berdiri bangunan tua yang sangat besar. Konon bangunan tersebut adalah gerja danrumah sakit milik gereja. Sedangkan di sebelah kanan kami, berdiri rumah tua yang tidak seberapa besarnya dibanding gereja. Sang pemandu wisata horor pun memulai ceritanya.

Pada abad pertengahan hiduplah seorang pastur muda yang sangat taat beribadah di gereja tersebut. Sebagai seorag pastur muda, Ia tinggal sehari-hari di gereja tersebut dan juga memberikan pelayanan bagi umat. Namun ada hal yang sangat mengusik hati pastur muda ini dikarenakan bangunan tepat di depan gereja adalah bar merangkap prostitusi. Awalnya pastur muda ini berusaha untuk bertahan tidak menghiraukan para ‘setan’ tersebut dan tetap berusaha beribadah dengan kyusuk. Namun lama-kelamaan Ia tidak sabar juga.

Didatangilah bar tersebut dengan niatan mengajak para pengunjugnya untuk bertaubat. “Wahai kalian semua, bertaubatlah sebelum terlambat”begitu kira-kira kata pastur muda kepada pengunjung bar. “Jika tidak bertaubat kalian akan dibakar ke dalam api neraka yang sangat panas…” lanjutnya berkobar-kobar.

Semua orang hanya mentertawakan pastur tersebut tanpa sedikitpun menghiraukan omongan nya. Pastur ini pun menjadi lebih kesal karena merasa dijadikan bahan tertawaan. Hingga datanglah seorang perempuan muda cantik yang bekerja sebagai prostitusi menghampirinya. “Hai pastur, tau apa kamu soal neraka? neraka itu saat kita kelaparan tidak bisa makan 3 hari karena nggak punya uang! Itu baru siksa neraka..” ucap perempuan tersebut menanggapi khotbah sang pastur. Sang pastur pun bertambah amarahnya dan mengumpat “Dasar pelacur kamu! tidak tau terimakasih mau diselamatkan dari api neraka!!”.

Berang mendengar hinaan sang pastur, perempuan tersebut pun berdiri sembari membuka pakaian yang menutupi dadanya. “Pelacur kata anda? Iya, saya memang pelacur bapa. Bapa sendiri yang datang ke tempat pelacuran..” ucapnya sambil mendekati sang pastur. Pastur pun panik mengetahui seorang perempuan muda dengan dada telanjang datang menghampirinya. Di rabalah apapun yang ada di sampingnya, hingga ia menemukan sebuah tongkat dengan ujung besi yang lancip. Saking paniknya, pastur ini berusaha membela diri dengan menghujungkan tombak kayu di depan badan nya sambil berteriak “Pergi kau setaaaan!”.

Sang perempuan yang tidak menyadari bahwa sang pastur mengambil tombak pun tersandung dan tertusuk tertancap tombak tersebut hingga menembus punggung nya. Dalam sekejap, keriuhan bar pun terhenti dan semua mata tertuju pada pria tersebut. Seorang pelayan tuhan yang dengan tangan nya sendiri membunuh seorang pekerja prostitusi. Semua orang di bar mulai marah dan melemparkan apa saja kepada pastur tersebut sambil meneriaki “Pembunuh!!!”. Sang pastur yang syok dan merasatelah melakukan dosa besar pun akhirnya sangat frustasi dan bunuh diri di tempat.

Demikianlah cerita tersebut. Hingga saat ini penduduk kota Praha terkadang masih dihantui hantu pastur dan pelacur tersebut bertengkar di jalanan dekat gereja tua itu.

6. Hantu biarawati & kekasih

 Alkisah masih di jaman abad pertengahan. Hiduplah seorang gadis muda yang cantik, putri seorang pejabat kota yang tersohor. Dengan gejolak asmara yang menggebu, gadis ini jatuh cinta dengan kekasihnya, seorang pemuda sederhana dan baik hati dari keluarga biasa saja. Pada masa itu, percintaan berbeda status sosial menjadi hal yang sangat ditentang, sehingga pasangan ini pun memutuskan untuk menyembunyikan kisah cinta mereka.

Namun, sesedikit apapun ikan ditutupi, akhirnya baunya pun akan tercium. Begitulah peribahasa yang tepat dikarenakan keluarga sang gadis pun akhirnya mengetahui skandal cinta mereka. Ayah sang gadis meminta si gadis untuk menjauhi kekasihnya, namun hal itu di tolak oleh si gadis. Saking berang, kesal dan takut malu karena aib, sang ayah pun mengirimkan dengan paksa si gadis untuk tinggal di gereja dan menjadi biarawati.

Di gereja, sehari-hari si gadis pun hanya diisi dengan tangis. Saking bingung nya pihak gereja menghadapi amarah dan ratapan si gadis, gereja pun mengunci gadis ini di sebuah ruangan bawah tanah agar dapat berdoa lebih khusuk.

Si pria sang kekasih pun tak tinggal diam. Dia menemukan suatu jalur rahasia. Bahwa kota Praha pada masa itu (hingga sekarang) mempunyai lorong-lorong bawah tanah sebagai jalan rahasia yang menghubungkan banyak tempat, termasuk adalah jalan masuk menuju ruangan bawah tanah di gereja. Sang pria gigih ini pun melancarkan usahanya dengan menelusuri lorong-lorong bawah tanah kota Praha. ternyata hal ini bukanlah upaya yang mudah. Terkadang ia membentur batu dan menggali sedikit tanah untuk bisa melewati lorong. Hingga akhirnya, tibalah pemuda ini di sebuah batu besar yang dipercaya bahwa dibalik batu tersebut adalah ruangan bawah tanah tempat kekasihnya dikurung untuk berdoa.

Namun, keletihan terlanjur menghinggapi pemuda ini. Ia pun tertidur pulas. Saking pulas dan letihnya, ia pun mendengkur dengan sangat keras. Dengkuran ini pun terdengar oleh para penjaga kamar bawah tanah yang kemudian menaruh kecurigaan dan berusaha menemukan sumber suara tersebut. Dengan sangat cepat, mereka memutuskan untuk membuka batu penutup yang menghubungkan kamar bawah tanah dengan lorong rahasia. Tanpa banyak perlawanan, pihak gereja pun menangkap basah pemuda ini.

Si gadis yang bahagia melihat kekasihnya namun sekaligus juga sedih mendapati kekasihnya di amankan pihak gereja pun memohon kepada para biarawati untuk melepaskan mereka. Namun tindakan tersebut bukan nya menimbulkan simpati oleh gereja, melainkan gereja justru merasa malu atas pencemaran nama baik biarawati yang dilakukan oleh gadis ini. SEorang biarawati dituntut untuk tidak terbawa nafsu dan jatuh cinta, karena seorang biarawati seharusnya adalah pelayan tuhan yang paling setia.

Gereja ini pun akhirnya memutuskan untuk mengeksekusi mati sang pria karena melakukan pencemaran nama baik terhadap gereja. Gereja juga memutuskan untuk mengurung si gadis muda. Namun gadis ini pun bunuh diri bersamaan dengan hari dieksekusinya kekasih nya oleh gereja.

Hingga saat ini, penduduk kota Praha masih mempercayai bahwa hantu sepasang kekasih ini pun masih saja menghantui ruangan bawah tanah di gereja tua tersebut.

***

Demikian oleh-oleh cerita horor dari kota tua Praha. Sang pemandu wisata horor menutup tur tepat di depan gereja tempat hantu sepasang kekasih tersebut dipercaya tinggal. Para peserta pun dibebaskan untuk bepergian ke mana saja setelah tur tersebut berakhir. Hmmm… tapi kok sepi ya jalan nya.. gelap pula… jauh dari tempat tram dan bus berarti masih harus jalan kaki.. emmmmmmm……

(Bersambung Praha City Tour-Part 3 (End) “Bohemian Kastil” )

*Tulisan sebelumnya: Praha City Tour – Part 1

Tinggalkan komentar

3 Komentar

  1. Seru pastinya ya, tour malam-malam di tempat horor pula :D. Saya pernah dengar tur semacam ini ada juga di kota Bandung.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: