Italia 1: Tips Jalan-Jalan ke Italia

Duomo, Milan

Tulisan ini saya buat sebagai panduan untuk saya sendiri yang akan berangkat ke Italia pada akhir pekan ini. Yups, liburan musim panas telah tiba. Saya dan Schat memutuskan Italia sebagai tujuan wisata musim panas kami nan romantis 🙂

Italia adalah negara yang menarik. Bukan hanya karena bangunan warisan sejarah yang dimilikinya melainkan juga daftar makanan lezat resep nenek moyangnya. Belum lagi ditambah keindahan landscape nya. Hal ini benar-benar membuat kami sangat excited pada summer vacation tahun ini!

Berikut adalah tips yang saya rangkum dari nasehat para pelancong pendahulu yang telah menjelajah Italia.

Don`t Do list:

1. Jangan menerima pemberian biji jagung/roti untuk makanan merpati dari orang asing yang katanya gratis. Walaupun si pemberi secakep/seganteng/ secantik ataupun seramah apapun! Apalagi kalau orang tersebut Italian! Karena setelah kita selesai happy-happy di kelilingi merpati, orang tersebut akan men-charge kita sekitaran 20 Euro! Gila aja! Hal seperti ini biasanya kejadian di main area tempat berkumpulnya para merpati, seperti di Main hall kota Milan.

2. Jangan mau menerima tawaran orang asing untuk memfotokan kita. Walaupun si pemberi secakep/seganteng/ secantik ataupun seramah apapun!Apalagi kalau orang tersebut adalah Italian! Karena lagi-lagi orang itu akan memeras kita untuk beberapa lembar euro! ( lembaran euro terkecil dimulai dari 5 euro). Bila kita menolak membayar, mereka akan mengancam untuk membawa kabur kamera kita!

3. Khusus untuk para wanita, jangan mengenakan celana pendek, rok mini, tank top ataupun baju tanpa lengan ketika ingin mengunjungi Vatikan. Karena anda akan di usir dan dilarang memasuki negara Vatikan!

4. Awas copet!!! Ini penting. Para penjelajah Italia pendahulu berpesan bahwa copet di Italia tak tahu malu. Mereka berani mencopet/merampok di siang terik bolong. Tak tanggung-tanggung, mereka pun berani beradu muka dan bersitegang dengan para korban nya. Naudzubillah hi mindzalik deh!

5. Jangan pesan Capucino ataupun kopi yang di campur susu sesudah dinner. Merupakan suatu kebiasaan di Italia untuk menawarkan kopi kepada tamu sesudah main course dinner. Tapi hindarilah memesan kopi yang dicampur susu macam capicino, machiato maupun coffee late. Karena hal tersebut akan membuat sang juru masak tersinggung karena anda di anggap belum kenyang dengan masakan makan malam nya (makanya anda pesan susu). Tawaran kopi sesudah dinner ini hanya berlaku bagi kopi espresso ala Italia yang porsi sloki kecil namun aman kuat rasanya itu.

6. Jangan berekspektasi dan berimajinasi terlalu tinggi terhadap bangunan-bangunan yang ingin anda kunjungi. Hal ini dikarenakan banyaknya bangunan tua yang bersejarah di Italia yang tidak di rawat dengan baik. Hasilnya, bangunan ini menjadi terbengkalai dan menjadi puing-puing reruntuhan. Ini juga berlaku bagi anda yang ingin mengunjungi Coloseum yang terkenal itu. Banyak pengunjung menjadi kecewa setelah menyaksikan Coloseum secara nyata. Namun tunggu dulu, jangan langsung patah arang ya.. Seperti Schat saya bilang, “I dont care if it just become a ruin temple, Lieverd. The most important thing for me is that to BE THERE it self! On the SPOT which the history of the great of Roman Empire was made.”

Good luck and Have a very nice vacation! 😉

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

11 Komentar

  1. Terima kasih buat informasinya, berguna banget kalau mau ke Itali ;-).

    Balas
  2. june

     /  September 30, 2012

    Ga sabar tgu crita selanjutnyaaa…
    Detail dan lengkap 🙂

    Balas
  3. Makasih mbak infonya
    Cocok u bekal sebelum ke Itali
    🙂

    Balas
  4. hai boleh bagi info ga? next month I will go to italy, espc verona. apakah rata-rata penginapan di sana emg ga terima check in after 8pm ya?

    Balas
    • Hai, maaf kurang tau sy belum pernah ke verona. Tapi pengalaman sih kalau memang kita late check-in, kontak dulu saja hotelnya dari jauh2 hari dan beri info jam kedatangan kita. Kebanyakan hotel mau kasi solusi dan bantu kita yang baru bisa datang dibawah jam kerja 🙂
      Selamat jalan-jalan ya 🙂

      Balas
  5. Marcelle

     /  Februari 28, 2017

    Hi Sis,

    Mau tanya kalau misalkan mau ke Rome, Italy sendirian itu berbahaya gak sis? Krn ribet sekali ini Ibu gamau saya ke Rome sendiri krn katanya takut ada orang2 jahat disana. Apakah iya?

    Terima kasih

    Balas
    • Hi Sis Marcelle,

      Ke Roma sendirian nggak masalah kok.. aman-aman aja. Malahan Jakarta lebih serem lhoh :O hehehe..

      Tapi memang satu hal yang pasti, kita harus waspada di mana pun kita berada. Jaga barang-barang kita (tas, koper dsb), teruma di metro, bus, dsb. Juga hati-hati kalau diajak ngomong sama orang asing. Tapi over all, Eropa aman kok dan yang penting Sis udah tau trik-trik mereka, jadi bisa menghindari.
      Selamat jalan-jalan ya! 🙂
      Salam.

      Balas
  1. Italia 4: Roma (II) « kameraungu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: