Netherlands : De Delft Blauw

   
Delft is an interesting tiny city in the Netherlands. Have we ever saw a blue ceramic souvenir from the Netherlands? Yep, that must be product originally from Delft. That’s why Delft is very famous by its ‘Delfts Blauw’, a hand painting arts in the ceramic objects. The objects that usually used for painting are vase, glass even plate in a blue color of painting. The arts spread in south Holland until east Holland since 1560.  But the best quality of the products at those time were produced from Delft. So that until now on those branded still strongly attached to the city of Delft. Beside for souvenir shopping, there are so many things to do too that we can explore from the beautiful city of Delft. Laten wij gaan! Kom!
*HOW TO GET THERE
Delft located between Den Haag and Rotterdam. So the route information that I will provide is from those both city.
* Den Haag-Delft:
1. Trem no 1 from Spui (City centre of Den Haag) heading to Delft Tanthoft. Get off in the halte of Prinsenhoff. Walks around 5 menit to Prinsenhoff and the city centre of Delft. (Ticket trem 2.50 Euro)
2. Train from Den Haag Central Station or Den Haag Holland Spoor to Delft. (Ticket 2.50 Euro)
Tips 1:
Jika kita ingin lebih hemat dalam perjalanan maka belilah OV Chipkaart sebagai kartu sakti yang bisa digunakan untuk seluruh transportasi darat di Belanda (trem, bus, metro, kereta). Jika kita punya OV Chipkaart, harga tiap perjalanan akan dihitung pada berapa kilometer yang kita tempuh. Dan biasanya, di bawah 2,50 Euro (April 2012). Pembahasan tentang macam-macam transportasi dan OV chipkaart akan saya buatkan tulisan khusus.
Tips 2: Jangan takut berjalan kaki! Aseli, nggak akan kerasa capek karena udara di Belanda sangat dingin (saat ini sedang spring, suhu udara rata-rata 8 derajat celcius di siang hari) dan justru lebih baik kita menghangatkan tubuh dengan bergerak lebih aktif! ;)* Rotterdam-Delft-Den Haag (atau sebaliknya)
Jika kita tidak punya banyak waktu, kita bisa menyingkat perjalanan mengunjungi tiga kota ini dalam satu hari menggunakan kereta api. Kita tinggal membeli tiket kereta dari Den Haag ke Rotterdam (ataupun sebaliknya). Rute ini akan melewati kota Delft, yang tentunya sayang jika kita lewatkan. Untuk dapat diketahui, tiket kereta di Belanda berlaku untuk seharian penuh dan yang kita beli adalah rute, bukan waktu/jam keberangkatan. Jadi misal, kita beli rute Den Haag-Rotterdam, kita boleh turun di Delft dan main-main 3 jam. Lalu berangkat lagi dari Delft -Rotterdam tanpa harus membeli tiket lagi. Karena memang aturannya, kita membeli rute dan tidak tergantung waktu kapan kita menggunakannya asal masih dalam satu hari.
 
Hal ini saya alami. Waktu itu saya membeli tiket kereta dari Rotterdam-Den Haag Central Station, sedangkan dua teman saya yang ingin pulang ke Delft membeli tiket Rotterdam-Delft. Setelah berada di dalam kereta, si teman membujuk saya mampir ke Delft untuk minum chocomelk dan appel taat. Saya berusaha sekuat tenaga untuk menahan diri dari godaan chocomelk dan appel taat tersebut dengan berdalih pada teman kalau saya sudah terlanjur membeli tiket Rotterdam-Den Haag, jadi thoh saya nggak mau rugi kalau harus kehilangan beberapa Euro lagi untuk beli tiket lagi Delft-Den Haag. Kontan, teman saya yang sudah berpuluh tahun tinggal di Belanda itu langsung ketawa, dan mulai menjelaskan aturan main pembelian tiket ‘rute’ kereta di Belanda yang tidak bergantung pada waktu keberangkatan asalkan masih dalam satu hari. Oh ya, berhubung teman saya ada yang pegang korting kaart kereta api maka dua teman seperjalanannya pun ikut kecipratan jatah korting 40%. Harga tiket Rotterdam-DH pun jadi 3,50 Euro setelah korting 40%. Sedangkan Rotterdam-Delft jadi 2,70 setelah korting 40%. ( Harga tiket pada April 2012).
*PLACE TO EXPLORE:
1. City Centre
 
2. Gereja
Di gereja ini tempat jasad Hugo de Groot dimakamkan. Selain itu juga ada beberapa makan tokoh ternama di masa lalu.
3. Museum Prince Willems Van Oranje
4. Museum Nusantara
5. Grote Markt
6. Street Market
Setiap hari kamis dan sabtu akan ada street market di hall Grote Markt, Delft. Beraneka pedagang tumpah ruah, silahkan di absen. Mulai dari penjual bunga segar, penjual baju, penjual sepatu, hingga kedai penjual ikan haring dan ikan panggang. Haring adalah jenis ikan yang menjadi makanan khas. Orang belanda biasanya memakan nya mentah-mentah saja. Waktu itu saya pun iseng mencoba roti+ikan haring+bombay. Rasanya? Kalau anda menyukai sushi, mungkin anda akan menyukai ikan haring juga! Tapi kalau saya disuruh makan lagi, saya lebih pilih ikan panggang aja deh! ;)) But it is Okay to try Haring for me.. for once in my life time! 😉 ( Harga ikan Haring+roti, 2 Euro).
7. Party
* MAKANAN
-Restoran Turky
Kapsalon lamb/Kip. Terdiri dari lambs alias daging kambing atau kip alias ayam dan patat (kentang goreng) lalu di taburin keju dan mayones di atasnya. Hmmm…sedaaap! Harga porsi kecil 3 Euro, porsi besar 6 Euro. Buat saya, porsi kecil saja udah super kenyaaang!
-Chocomelk + Appel taat
 
 
Banyak kedai kopi di Delft karena kota ini adalah kota pariwisata. Terutama ketika musim semi dan musim panas, kedai-kedai ini akan membuka teras outdoor untuk pengunjung agar bisa menikmati sinar matahari sambil minum kopi, coklat maupun bir. Tapi yang pualing saya suka adalah kedai Kobus Kuch di Grote markt belakang gereja. Appletaat dan chocomelk nya mantabh! Harga total: 6 Euro.
*SHOPPING & SUVENIR
Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

2 Komentar

  1. Saya pernah makan ikan haring, enak ko ;).

    Balas
  2. hahaha… saya nggak doyan klo disuruh makan lagi mba ;D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: