Paris: “Republik Rakyat” CHATELET

72893_4580835471469_782226847_nAda yang sangat menarik perhatian saya kala berkeliaran di kota Paris. Bukan Eiffel tower bukan pula Musee de Louvre, tapi Republique Chatelet. Apakah itu?

Republique Chatelet adalah Republik berdaulat yang berdiri di bawah tanah kota Paris. Walau matahari tak sudi mampir di Republik ini tapi dijamin selalu benderang seterang neon. Itulah ajaibnya Republik ini! Bahkan siang di sini ada 20 jam dan malam cuma 4 jam, hampir tak pernah tidur. Musim di Republik ini pun berbeda dari negara-negara Eropa kebanyakan yang biasanya 3-4 musim. Di Republik ini hanya ada satu musim: panas, tanpa ada hujan sama sekali. Jadi tak perlu repot membawa-bawa payung.

268415_4580836071484_206023562_nPenduduk Republik Chatelet juga ajaib. Saking malasnya berjalan kaki, maka mereka cukup berdiri saja dan menyerahkan pekerjaan melelahkan itu pada eskalator berjalan. Jika lebih malas lagi, mereka akan menunggu datangnya kendaraan ajaib yang bising tapi panjang sepanjang ular piton. Mereka lalu duduk manis sambil merem dan abrakadabra sudah berpindah tempat. Tidak ada ketakutan akan macet dan lalu lintas ruwet yang tergambar di raut muka penduduk Republik ini. Mereka sungguh orang-orang yang optimis akan mobilitasnya yang akan tanpa hambatan. Mereka pun tak perlu khawatir kekurangan suatu apapun, karena beragam toko aneka macam buka 20 jam di sini. Dari toko souvenir, kedai kopi, mini market, restaurant sampai shoping mall underground dapat ditemukan di Republik ini. Jangan pula berani macam-macam di Republik Chatelet karena ada tentara lengkap dengan senjata siap dikekang yang berkeliaran menjaga keamanan.

542163_4580835791477_1959919539_nKeuntungan menjadi warga negara Republique Chatelet adalah: menjadi sakti mandraguna! Gimana nggak sakti kalau tiba-tiba bisa muncul di Musee de Louvre dari bawah tanah.. Sepuluh menit kemudian bisa muncul lagi di Eiffel tower dari bawah tanah.. dan lalu, tak terbendung lagi kesaktiannya karena bisa bangkit dari bawah tanah di seantero kota Paris.

527368_4558016621012_1851170688_nHahaha… ah nggak perlu serius-serius amat baca tulisan saya ya. Chatelet adalah nama station metro terbesar di kota Paris. Saking besarnya hingga membuat ketertakjuban saya berbuah imaginasi đŸ™‚ Beruntung saya menjelajahi dua sisi negeri ini: Paris dan Chatelet. Membuat saya merasakan sensasi menjadi manusia bawah tanah kota Paris. Merasakan sensasi perbedaan keter-takjub-an antara bangunan dari masa kuno yang besar-besar ala kota paris dengan hamparan lorong putih peradaban masa depan ala “Republique” Chatelet. Seperti time travel rasanya, perbedaan waktu di kedua negeri ini pun cukup tajam. Jika malam gelap sudah menggeragapi kota Paris maka “Republik” Chatelet tetap menyambut dengan siang yang terang ala neon. Lucu sekali rasanya, mereka hanya dipisahkan oleh gundukan tanah. Serasa satu alam tapi beda dimensi ;p

Saya dengar berita dari ibukota di tanah air saya, ingin sekali punya republik bawah tanah seperti ini ya? Semoga kita semua bisa sakti mandraguna sesakti peradaban penduduk Republique Chatelet ;D

Salam,

The Queen Of Republique Chatelet 

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: